SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Rabu, 24 Maret 2010

KASUR

SEHAT DENGAN KASUR YANG TEPAT

Bicara soal tidur, kita tidak akan lepas dari kebutuhan memiliki kasur yang tepat. selama apapun tidur jika tidak menggunakan kasur yang sesuai, maka mutu tidurpun akan berkurang.

Menurut M Anton Sim dari PT Dunlopillo Indonesia, ada beberapa masalah umum yang kerap ditemukan pada kasur, antara lain:
1. Terlalu keras. Jika kasur terlalu keras maka anda akan sering mengubah posisi tidur untuk mencari posisi yang lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena kasur tersebut tidak memiliki daya topang yang baik untuk lekukan tubuh anda. Kasur yang terlalu keras juga dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah pada bagian tubuh yang tertekan. Kemungkinan bangun pada saat tidur karena kesemutan, dan ngilupun cukup tinggi

2. Terlalu lunak.Jika kasur terlalu lunak, daya topang kasur terhadap tubuh sangat lemah. Kemungkinan bangun pagi dalam keadaan kurang istirahat pun sangat tinggi karena otot tubuh bekerja sepanjang malam untuk berusaha mengimbangi posisi tubuh yang tidak wajar saat tidur. Jika dibiarkan berkepanjangan, gangguan terhadap tulang punggung menjadi lebih besar.

3. Terlalu panas. Jika kasur terbuat dari bahan yang cenderung panas, maka anda juga semakin banyak melakukan gerakan untuk mencari wilayah yang memiliki temperatur yang nyaman.

4. Terlalu dingin. Mendengar kata dingin, secara umum akan dianggap lebih nyaman. Padahal kenyataannya tubuh kita membutuhkan suhu nyaman pada saat tidur, bukan suhu yang terlalu dingin. Suhu yang dingin akan mengganggu proses pemulihan sel yang terjadi pada saat tidur. Proses ini membutuhkan suhu yang sesuai agar dapat bekerja optimum.

5. Terlalu kecil. Jika ukuran kasur tidak sesuai dengan ukuran tubuh, maka sering bagian tubuh kita terutama kaki tidak mendapatkan penopangan yang sempurna, sehingga membuat tidak nyaman.

Itu sebabnya, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat Anda membeli kasur, antara lain daya topang kasur. Kasur yang baik untuk anda adalah kasur yang dapat menopang beban tubuh dan lekukan tubuh. Perlu dipoertimbangkan ukuran dan lekukan tubuh setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hindari kasur yang terlalu lunak dan terlalu keras.

Selain itu, perhatikan bahan baku kasur, kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kasur, daya tahan pemakaian kasur, pengaruh temperatur lingkungan terhadap kasur, dan nilai ekonomisnya. Awas jangan salah pilih kasur

(Sumber: Kompas, 19 Maret 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar