SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Minggu, 03 Oktober 2010

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS MABICAB DAN KWARCAB

SAMBUTAN WALI KOTA METRO
PADA ACARA PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN
PENGURUS MABICAB DAN PENGURUS KWARCAB
GERAKAN PRAMUKA KOTA METRO PERIODE 2009 - 2014
SENIN, 8 MARET 2010

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Selamat Pagi dan salam sejahtera,
Salam Pramuka . . . .

Yth. Kakak Ka Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Lampung
Kakak-kakak Anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Metro
Kakak Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro
Kakak-kakak Andalan Cabang, Ka Mabiran,
Undangan dan Hadirin yang berbahagia

Mengawali kegiatan ini, marilah sejenak kita menghaturkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT - Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini kita dapat menghadiri dan menyaksikan acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro periode 2009-2014 di Gedung Wanita ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Selaku Walikota maupun selaku Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kota Metro saya menyambut gembira atas terlaksananya pelantikan ini, karena selain kepengurusan yang dilantik merupakan hasil Musyawarah Cabang yang demokratis, juga sebagai titik awal pelaksanaan tugas dari kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro periode 2009-2014.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagaimana kita ketahui bahwa Gerakan Pramuka sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan, merupakan kesinambungan gerakan Kepanduan Nasional Indonesia pada masa lampau. Gerakan ini bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmaninya, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka Gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, ketrampilan, serta karya bhakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.

Kemajuan Gerakan Pramuka di Indonesia tentunya tidak terlepas dari upaya yang tidak mengenal lelah para pendiri GerakanPramuka, terutama Bung Karno, Ir. Hi. Juanda, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Azis Saleh, Mulyadi Djojomartono, Kak Husein Mutahar dan lain-lain yang berjuang keras mendharma-bhaktikan diri untuk ikut serta memelihara, memupuk dan membesarkan tunas yang telah ditanam, sehingga Gerakan Pramuka pernah mengalami masa kejayaannya.

Sehingga tidak heran jika masa lampau sebagian besar siswa SD hingga SLTA sangat berminat menjadi anggota pramuka aktif. Akan tetapi saat ini kita dapat melihat mulai terjadinya pergeseran, dimana generasi muda kita mulai meninggalkan Pramuka dan lebih tertarik terhadap kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti penyalahgunaan obat, perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan swebagai cara menyelesaikan permasalahan dan lain sebagainya.

Hadirin yang saya hormati,

Dari kondisi Gerakan Pramuka yang ada tersebut, nyatalah bahwa tantangan kepengurusan Gerakan Pramuka saat ini dan kedepannya cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka menjadi kegiatan ektrakurikuler di sekolah yang diminati dan digemari oleh para pelajar kita, sehingga mereka secara sukarela dan antusias untuk menjadi anggota pramuka aktif di sekolahnya.

Kita juga menyadari bahwa upaya mengembalikan kejayaan Gerakan Pramuka seperti m,asa lampau tentulah bukan pekerjaan yang ringan. Akan tetapi tantangan yang cukup berat tersebut, seharusnya tidak lantas menjadikan kita berkecil hati, akan tetapi justru memacu dan menumbuhkan semangat kita untuk berupaya semaksimal mungkin guna memajukan gerakan pramuka khususnya di Kota Metro yang kita cintai ini.

Jika melihat komposisi pengurus, serta kemauan dan kemampuan dari kepengurusan yang baru saja dilantik, saya yakin dan percaya, jika kita semua mempunyai kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka Koyta Metro, serta diiringi serta diiringi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari segenap jajaran klepengurusan yang ada, maka Insya Allah Gerakan Pramuka Kota Metro kedepannya akan lebih maju, dan mampu berkembang dengan lebih baik lagi.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum mengsakhiri sambutan ini, sekali lagi saya sampaikan ucapan selamat kepada sewgenap pengurus yang baru saja dilantik, dengan diiringi doa semoga sukses dan dapat menjalankan amanah yang diberikan. Mudah-mudahan momentum pengukuhan dan pelantikan Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro kali ini, akan memberikan semangat baru, sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab kita bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kota Metro.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat bekerja, semoga Allah SWT - Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan Taufik serta hidayahNya kepada kita semua dalam mengabdikepada bangsa dan negara Indonesiayang sama-sama kita cintai ini.

Mohon maaf atas segala kekurangan, terima kasih atas segenap perhatiannya.

Billahi Taufik Wal Hidayah.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Walikota Metro



Lukman Hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar