SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Rabu, 31 Maret 2010

LAPORAN KEGIATAN

LAPORAN KEGIATAN

HUT AMBALAN AH. NASUTION KE 8 TRI BHUANA SAKTI KE 14

PANGKALAN SMA NEGERI 3 METRO

  1. TEMA KEGIATAN

    Sad lomba dalam rangka HUT Ambalan AH. Nasution dan Tri Bhuana Sakti


     

  2. MAKSUD DAN TUJUAN
    1. Untuk menungkatkan rasa persatuan dan kesatuan anggota pramuka
    2. Meningkatkan ketrampilan dasar kepramukaan dan mengembangkan kreativitas anggota pramuka
    3. Meningkatkan jiwa dan semangat anggota pramuka


       

  3. PESERTA LOMBA

    Peserta lomba terdiri dari 44 Gugus Depan terdiri dari 20 gudep SMA/SMK/MA, 16 gudep SMP, 8 gudep SD


     

  4. BENTUK DAN JENIS KEGIATAN
    1. Bentuk kegiatan lomba dilaksanakan dalam bentuk perlombaan
    2. Jenis perlombaan
  • Pidato Bahasa Inggris tingkat penegak, penggalang SMP dan Penggalang SD diikuti 42 orang
  • Lomba cerdas tangkas tingkat penegak diikuti 11 regu
  • Pionering tingkat Penggalang SMP dan Penggalang SD diikuti 32 regu
  • PBB Tingkat Penegak, Penggalang SMP, Penggalang SD diikuti 47 regu
  • Semaphore tingkat penggalang SMP dan Penggalang SD diikuti 25 regu
  • Senam Pramuka Tingkat Penegak, Penggalang SMP, Penggalang SD diikuti 26 regu


     

  1. PEMENANG LOMBA
    1. Lomba Cerdas Tangkas (LCT)
  • Juara I        SMA TMI Metro        (jumlah nilai 1070)
  • Juara II        SMA Negeri I Metro        (jumlah nilai 780)
  • Juara III    SMA Negeri I Seputih Banyak    (Jumlah nilai 770)    


     

  1. Lomba Pionering
    1. PENGGALANG SMP PUTRA
  • Juara I    SMP Negeri 2 Pubian         (jumlah nilai 975)
  • Juara II    SMP Negeri I Seputih Raman    (Jumlah nilai 915)
  • Juara III    SMP Negeri I Trimurjo        (jumlah nilai 905)


     

  1. PENGGALANG SMP PUTRI
  • Juara I    SMP Negeri 2 Pubian        (Jumlah nilai 970)
  • Juara II    SMP Negeri 1 Seputih Raman    (Jumlah nilai 885)
  • Juara III    SMP Negeri 2 Seputih Raman    (Jumlah nilai 880)
  1. PENGGALANG SD PUTRA
  • Juara I    SD Negeri 4 Metro Pusat        (Jumlah nilai 837)
  • Juara II    SD Muhammadiyah Metro Pusat    (Jumlah nilai 830)
  • Juara III    SD Negeri I Metro Pusat        (Jumlah nilai 820)
  1. PENGGALANG SD PUTRI
  • Juara I    SD Negeri 7 Metro Pusat    (Jumlah nilai 825)
  • Juara II    SD Negeri 4 Metro Pusat     (Jumlah nilai 775)
  • Juara III    SD Negeri 5 Metro Pusat     (Jumlah nilai 750)


     

  1. Lomba Semaphore

A. PENGGALANG SMP

  • Juara I    SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 1.025)
  • Juara II     SMP Negeri I Pubian        (Jumlah nilai 1.020)
  • Juara III     SMP Negeri I Seputih Raman    (Jumlah nilai 1.010)

B. PENGGALANG SD

  • Juara I    SD Negeri 7 Metro Pusat        (Jumlah nilai 1.000)
  • Juara II    SD Negeri I Metro Pusat        (Jumlah nilai 960)
  • Juara III    SD Muhammadiyah Metro Pusat    (Jumlah nilai 950)


 

  1. Lomba Pidato Bahasa Inggris
    1. TINGKAT PENEGAK
  • Juara I    SMA Negeri 5 Metro        (jumlah nilai 221)
  • Juara II    SMA Negeri I Seputih Banyak    (Jumlah nilsai 219)
  • Juara III    SMA Negeri I Metro        (Jumlah nilai 218)


     

  1. TINGKAT PENGGALANG SMP
  • Juara I    SMP Negeri I Punggur        (Jumlah nilai 247)
  • Juara II     SMP Negeri 2 Punggur        (Jumlah nilai 246)
  • Juara III    SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 245)


     

  1. TINGKAT PENGGALANG SD
  • Juara I     SD Negeri I Metro Pusat    (Jumlah nilai 238)
  • Juara II    SD Negeri I Metro Pusat    (Jumnlah nilai 231)
  • Juara III    SD Negeri 5 Metro Pusat    (Jumlah nilai 215)
  1. Lomba PBB
    1. TINGKAT PENEGAK PUTRA
  • Juara I    SMK Negeri I Metro        (Jumlah nilai 8.776)
  • Juara II    SMA Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 8.620)
  • Juara III     SMA Wiratama Kotagajah    (Jumlah nilai 8.565)


     

  1. TINGKAT PENEGAK PUTRI
  • Juara I    SMK Negeri I Metro        (Jumlah nilai 8.819)
  • Juara II    SMA Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 8.536)
  • Juara III    SMA Purnama Trimurjo        (Jumlah nilai 8.399)


     

  1. TINGKAT PENGGALANG SMP PUTRA
  • Juara I    SMP Negeri I Sekampung    (Jumlah nilai 8.691)
  • Juara II     SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilaiI 8.616)
  • Juara III    SMP Negeri I Sekampung    (Jumlah nilai 8.242)


     

  1. TINGKAT PENGGALANG SMP PUTRI
  • Juara I     SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 9.080)
  • Juara II    SMP Negeri I Sekampung    (Jumlah nilai 8.439)
  • Juara III     SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 8.330)

  1. TINGKAT PENGGALANG SD PUTRA
  • Juara I    SD Muhammadiyah Metro    (Jmlah nilai 7.839)
  • Juara II    SD Negeri 9 Metro Pusat    (Jumlah nilai 7.726)
  • Juara III    SFD Negeri 5 Metro Pusat    (Jumlah nilai 6.900)

  1. TINGKAT PENGGALANG SD PUTRI
  • Juara I        SD Muhammadiyah Metro    (Jumlah nilai 8.155)
  • Juara II        SD Negeri 9 Metro Barat    (Jumlah nilai 8.125)
  • Juara III     SD Negeri 7 Metro Utara    (Jumlah nilai 7.149)
  1. Lomba Senam
    1. Tingkat Penegak Putri
  • Juara I    SMA Negeri I Punggur        (Jumlah nilai 1.810)
  • Juara II    SMA Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 1.785)
  • Juara III    SMA Negeri 2 Metro        (Jumlah nilai 1.775)


     

  1. Tingkat Penegak Putra    (tidak ada pendaftar)


     

  2. Tingkat Penggalang SMP Putra
  • Juara I SMP Negeri I Trimurjo


 

  1. Tingkat Penggalang SMP Putri
  • Juara I    SMP Negeri I Trimurjo        (Jumlah nilai 1.965)
  • Juara II    SMP Negeri I Punggur        (Jumlah nilai 1.950)
  • Juara III    SMP Xaverius Metro        (Jumlah nilai 1.890)


     

  1. Tingkat Penggalang SD Putra
  • Juara I     SD Negeri 5 Metro Pusat    (Jumlah nilai 1.640)
  • Juara II     MI Muhammadiyah Banjarsari    (jumlah nilai 1.585)


     

  1. Tingkat Penggalang SD Putri
  • Juara I    SD Negeri 7 Metro Utara    (Jumlah nilai 1.902)
  • Juara II    SD Negeri 9 Metro Metro Barat    (Jumlah Nilai 1.861)
  • Juara III    SD Negeri 5 Metro Pusat    (Jumlah nilai 1.842)


 


 


 


 

JUARA UMUM "SMP NEGERI I TRIMURJO"

Selengkapnya...

Selasa, 30 Maret 2010

ORNAMEN "KAMAR MANDI"

ENAM LANGKAH AGAR KAMAR MANDI TERASA NYAMAN

Zaman dulu, kamar mandi nyaris tak pernah menjadi tempat yang istimewa. Bahkan lokasinya hampir selalu berada di belakang rumah, sehingga tidak sedikit orang yang mengidentikkan kata "kebelakang" sebagai ungkapan yang sopan untuk WC (water closet).

Kini banyak orang mulai menyadari bahwa fungi WC atau kamar mandi bukan lagi sekedar untuk mandi atau buang hajat. Oleh karena itu, selain menempati lokasi yang lebih istimewa, yaitu di bagian tengah atau bahkan depan rumah, kamar mandi juga mulai dibuat senyaman mungkin. Hal ini perlu karena beberapa perempuan kini merasa lebih nyaman melakukan luluran atau mandi rempah di rumah ketimbang di tempat umum macam salon.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa menginspirasi Anda agar kamar mandi di rumah terasa lebih nyaman, yaitu:
1. Menggantung beberapa pigura cantik dengan foto keluarga saat liburan, gambar bunga, atau pemandangan alam yang warnanya disesuaikan dengan warna dominan pada dinding atau lantai kamar mandi.
2. Letakkan rak handuk dalam pintu bertutup agar tak terciprat air saat mandi. Namun jika kamar mandi anda cukup luas, tak ada salahnya jika handuk-handuk polos yang berwarna putih bersih ditumpuk rapi dalam rak terbuka.
3. Letakkan pula rak gantung di dinding yang terbuat dari kayu dengan penutup kaca geser yang transparan untuk meletakkan macam shampo, sabun mandi, lulur botolan, pasta gigi, dan aneka keperluan mandi lainnya.
4. Jika anda menggunakan kloset duduk dan kamar mandi di rumah tergolong kamar mandi "kering", tak ada salahnya jika meletakkan karpet dan tutp kloset yang dijual pasangan. Selain mempercantik kamar mandi, kaki pun terasa nyaman karena ada karpet di bawahnya.
5. Letakkan pula sebuah tungku aroma terapi (anglo) cantik lengkap dengan lilin dan minyak aroma terapi seperti lavender, lemon, atau sendal wood di atas wadah air pada kloset duduk. Perlengkapan ini bisa digunakan saat penghuni rumah melakukan luluran atau mandi rempah. Dengan aroma terapi, suasana kamar mandi dijamin akan terasa lebih nyaman.
6. Jika kamar mandi anda tergolong kamar mandi "kering" tak ada salahnya meletakkan buku-buku bacaan yang ringan pada keranjang bambu yang diletakkan di sudut ruangan kamar mandi.

(Sumber : Kompas Klasika, Jum'at, 29 Januari 2010) Selengkapnya...

Kamis, 25 Maret 2010

AJAKAN KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA

AJAKAN KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
DALAM RANGKA
MENINGKATKAN PERAN PRAMUKA SEBAGAI BAGIAN SISTEM
PENDIDIKAN NASIONAL BAGI KAUM MUDA

P ERKUAT KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KWARTIR DI SEMUA JAJARAN
R APATKAN BARISAN PELATIH, PEMBINA DAN ANDALAN
A KTIFKAN PERINDUKAN, PASUKAN, AMBALAN DAN RACANA DI SETIAP GUGUS DEPAN
M ANTAPKAN SISTEM DENGAN PERMAINAN EDUKATIF DAN MENANTANG DI ALAM TERBUKA
U TAMAKAN PROGRAM PESERTA DIDIK YANG MENINGKATKAN SEMANGAT BELA NEGARA,PATRIOT PEMBANGUNAN DAN PEREKAT BANGSA
K OKOHKAN KEMITRAN DAN DUKUNGAN SUMBER DAYA DARI SEMUA KOMPONEN BANGSA
A MALKAN SATYA DAN DARMA PRAMUKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Jakarta, 17 Agustus 2006
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka



dto

Prof. DR. Dr. H. Azrul Azwar, MPH Selengkapnya...

REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA

REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA
KUTIPAN SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
DALAM RANGKA
UPACARA PERINGATAN HARI PAMUKA KE 45

1. Perkuat Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa.
Bagi generasi muda pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan. Hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan.

2. Raihlah keberhasilan, hari ini dan masa depan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen bangsa. Gerakan pramuka hendaknya menjadi pelopor membudayakan diri, senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas, bangun nilai, sikap dan perilaku ini sejak dini melalui berbagai ragam kegiatan Gerakan Pramuka.

3. Ajaklah kaum muda meningkatkan semangat bela negara. Utamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsanya. Gerakan Pramuka pada khususnya dan generasi muda pada umumnya harus mencintai dan bangga terhadap bangsa, negara dan tanah airnya sendiri.

4. Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. Tantangan negeri kita pasca krisis adalah bagaimana membangun kembali negeri ini. Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata.

5. Utamakan kepentingan bangsa dan negara diatas segalanya. Pendidikan dan pelatihan kepramukaan harus melahirkan generasi muda bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Didiklah kaum muda sedini mungkin untuk tidak membeda-bedakan identitas, seperti agama, etnis, suku kedaerahan dengan tujuan yang negatif. Watak nasionalisme akan tercermin dalam perilaku yang senantiasa lebih mementingkan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan diri dan golongan.

6. Kokohkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota Pramuka, sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan.Kembangkan berbagai metodologi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kerukunan dan kesetiakawanan, bahkan kasih sayang di antara sesama kaum muda.

7. Amalkan Satya dan Darma Pramuka. Inti Satya dan Darma bagi Gerakan Pramuka adalah, semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual. Tekad, semangat, kode etik, serta pesan-pesan itu bukan harus hanya dijunjung tinggi melainkan yang lebih penting dilaksanakan dan diamalkan. Melalui pengamalan Satya dan Darma Pramuka, saya berharap Gerakan Pramuka menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual bagi generasi muda. Selengkapnya...

AJAKAN PRESIDEN RI DALAM RANGKA REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA

AJAKAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DALAN RANGKA REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA

PERKUAT GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WADAH PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA
RAIH KEBERHASILAN MELALUI KERJA KERAS, CERDAS DAN IKHLAS
AJAK KAUM MUDA MENINGKATKAN SEMANGAT BELA NEGARA
MANTAPKAN TEKAD KAUM MUDA SEBAGAI PATRIOT PEMBANGUNAN
UTAMAKAN KEPENTINGAN BANGSA DAN NEGARA DIATAS SEGALANYA
KOKOHKAN PERSATUAN DAN KESATUAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
AMALKAN SATYA DAN DARMA PRAMUKA


Jakarta, 14 Agustus 2006
Presiden Republik Indonesia


dto


DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono Selengkapnya...

Rabu, 24 Maret 2010

SIAP MENGHADAPI UN

UJIAN NASIONAL

Sejak kapan UN eksis di negeri kita? Berdasarkan informasi yang dihimpun, UN sudah ada sejak 1950. Kala itu namanya Ujian Penghabisan.

Pada masa itu semua soal ujian berbentuk essai dan dibuat Departemen Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan.

Tahun 1972 Pemerintah memberi kebebasan setiap sekolah atau kelompok sekolah menyelenggarakan ujian sendiri. Lebih demokratis kan? Pembuatan soal dan proses penilaian dilakukan setiap sekolah atau kelompok.

Tahun 1980 diluncurkan EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional). Model ini menggunakan dua bentuk. Pertama Ebtanas yang diadakan pemerintah pusat untuk mata pelajaran pokok. Kedua EBTA yang diadakan pemerintah daerah.

Dalam Ebtanas, siswa dinyatakan lulusjika nilai rata-rata seluruh mata pelajaranyang diujikan itu 6, meskipun terdapat satu atau beberapa mata pelajaran bernilai di bawah 3.
Tahun 2002 muncul istilah UAN (Ujian Akhir Nasional). Siswa dinyatakan lulus bila memiliki nilai minimal 3,01 pada setiap mata pelajaran dan nilai rata-ratanya minimal 6

Soal UAN dibuat oleh Depdiknas. Memasuki 2004, kelulusan siswa dinyatakan berdasarkan nilai minimal setiap mata pelajaran, yaitu 4,01. Syarat nilai rata-rata minimal tidak berlaku lagi.

Tahun 2005, UAN berubah nama menjadi UN (Ujian Nasional). Standar kelulusan dinaikkan menjadi 4,25

Menyikapi UN
UN yang diadakan pemerintah pusat seharusnya dianggap sebagai batu loncatan ke jenjang yang lebih tinggi, bukan menjadi hambatan untuk kita. Standar nilai yang ditentukan pemerintah sekarang 5,50 jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, dapat dikatakan masih rendah.

Semua negara maju di dunia mengadakan ujian seperti UN, hanya berbeda sistemnya. Contohnya di Malaysia ujian sejenis UN di Indonesia ini tidak menentukan kelulusan siswa, tetapi hanya menjadi alat untuk melihat pencapaian siswa.

Disini diakui Malaysia lebih fair terhadap beragam kemampuan siswa di tiap daerah. Enggak fair kalo derah yang fasilitas infrastruktur belajarnya minim disamakan dengan daeran yang infrastruktur belajarnya surplus.

Sikap akhir

Kita hidup di bumi yang sempit, Didalamnya tak akan kita jumpai kesempurnaan. Dibalik rasa kurang puas akan UN, kita perlu mengetahui beberapa hal yang baik di balik UN.

Kita harus memperjuangkan mutu pendidikan Indonesia sehingga mutu pendidikan tak kalah dari negeri tetangga. Malu-maluin kalo kita tetap kalah dengan Malaysia misalnya.

Walau dengan kemampuan sekolah yang terbatas, kita harus berusaha! Sebab masalah utamanya kadang bukan pada fasilitas, tetpi bagaimana dengan fasilitas yang ada kita dapat mencapai hasil maksimal.

Jadikan UN sebagai wadah untukmenunjukkan pendidikan di Indonesia dianggap enteng.

Negara kita adalah negara maritim, terpisah oleh laut, negara kepulauan. Tiap pulau tentu punya tingkat sumber daya manusia (SDM) yang berbeda. Diharapkan UN dapat menjadi salah satu sarana mengetahui tingkat SDM tiap daerah


TIPS MENGHADAPI UN

Pisahkan materi UN dengan materi non UN. Pisahkan juga mana materi hitungan dan hafalan sehingga dapat dipelajari secara teratur dan sistematis, karena otak dapat bekerja maksimal dengan cara maksimal dengan cara yang teratur dan sistematis.

Untuk rumus-rumus atau istilah yang kamu rasakan asing di otak, buatlah catatan kecil, tempelkan ditempat yang paling sering dijumpai setiap hari, di cermin misalnya.

Berlatihlah dengan soal-soal ujian satu atau dua tahun lalu atau saling barter soal dengan teman. Makin banyak berlatih, makin enggak grogi menghadapi UN

Jika nilai hasil try out kita rendah, jangan patah semangat kawan. Katakanlah pada dirimu, "perjuangan belum berakhir, masih ada waktu"

Jagalah kesehatan, jangan sampai terlalu capek.

Jika waktunya tiba, hadapi soal-soal UN dengan tenang. Yakinlah, usaha dan kerja keras kita tak akan sia-sia.

Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. Jadikan UN ajang mempersembahkan yang terbaik untuk orang tua.


MEMOTIVASI DIRI

Persiapkan mental jauh-jauh hari, jangan sampai saat menghadapi ujian, rasa cemas dan rendah diri melanda sehingga kita bertindak menyimpang, seperti menyontek

Setelah mental oke, lakukan review terhadap mata pelajaran yang akan dihadapi. Pelajarilah yang sulit terlebih dahulu.

Percayalah, Yang Mahakuasa akan menolong orang yang sudah susah payah belajar karena dia Mahapengasih dan Penyayang.

(Sumber : Kompas Muda, 12 Maret 2010) Selengkapnya...

ETIKA BERINTERNET

RAMBU-RAMBU BERINTERNET

1. Jangan pernah menyakiti seseorang lewat kata-kata (teks), gambar, video. Bagi yang sering maen facebook, jangan berkomentar yang jorok, sinis, menghina, menyindir, merendahkan martabat di fasilitas wall teman-teman kita. Jika nekat melakukannya, kamu adalah bagian dari apa yang disebut cyberbullying yang saat ini sedang diperangi dunia.

2. Jangan pernah merayu atau menuliskan kata-kata yang bernuansa pelecehan seksual, berkirim gambar atau video yang sifatnya porno. Jika melakukannya, kamu bagian dari fenomena sexting yang saat ini sedang ramai diperangi komunitas internet sehat. Apa yang kamu lakukan itu, entah sadar atau tidak akan dimasukkan dalam kategori percobaan seorang "internet predator" yang mencari mangsa.

3. Jangan pernah meneruskan e-mail orang lain ke pihak lain tanpa seizin pengirim e-mail pertama. Ingat kasus Prita Mulyasari VS Rumah Sakit Omni? Aduan yang berisikan konten tuduhan terhadap pribadi itu tak seharusnya masuk ke ranah publik jika tak diteruskan kepada orang lain.

4. Jangan mencaci maki orang, menuduh, memfitnah, menghujat, dan mengeluarkan pernyataan yang sifatnya belum terbukti benar di ranah yang sifatnya publik. Kriteria publik diinternet adalah jika tulisan atau komentar kamu bisa dikses banyak orang. Dalam hal ini, wall kamu di facebook walaupun terbatas diakses orang, tetapi sudah bisa masuk ranah publik. Ini karena banyak orang bisa melihatnya.

Merujuk pada definisi yang dimiliki Yahoogroup, mailing list (milis) juga bisa masuk ranah publik dan juga bisa kena gugatan. Ini karena banyak orang bisa membaca komentar kamu. Satu-satunya yang pribadi adalah jika kamu hanya mengirim komentar itu ke e-mail teman kamu. Forum, blog, Twitter, dan situs-situs web lain yang bisa diindeks mesin pencari adalah ranah publik yang harus kalian perhatikan.

5. Jika ingin mengengeluh terhadap suatu produk atau layanan, tulislah yang netral mengacu pada fakta yang kamu alami. Tidak dibumbui dengan nada kebencian dan nada menuduh.

Contoh keluhan yang netral: Saya diperiksa seorang dokter berinisial A. Katanya saya kena usus buntu dan harus dioperasi. Kemudian saya mencari second opinion.

Contoh keluhan yang tidak netral: saya diperiksa dokter namanya abcdefghij. Katanya saya harus operasi usus buntu. Dasar dokter komersial, mentang-mentang memotong usus buntu tidak ada resikonya, dia diagnosa sembarangan! saya dengar dokter inio sering sembarangan mendiagnosa.

6. Jangan mencantumkan atau meninggalkan data pribadi, termasuk nomor telepon dan e-mail, sembarangan di forum-forum atau diblog. Bahaya! Para internet marketer bakal mengoleksi data kamu dan bisa menyalahgunakannya.

7. Dilarang mengutip atau menyadur tulisan orang lain tanpa menyebutkan suha..., kalian sering copy paste kan untuk membuat karya tulis atau membuat berita di blog kamu? Please, biar terhindar dari kemungkinan gugatan, sebutkanlah sumbernya.

Didunia akademis, semakin banyak referensi, semakin banyak sumber yang kamu kutip, menunjukkan kamu banyak membaca. Jadi itu justru membuat kamu intelek. Tradisikan membenci plagiarisme sejak dini. Jangan sampai kelak jika sudah profesor, kamu masih menjiplak, bahaya!

8. Boleh memasang foto-foto narsis kamu dan teman-teman kamu. Tetapi perhatikan dulu foto-foto itu sebelum kamu upload atau kamu unggah. Apakah ada konten pornonya? Apakah ada posisi teman kamu yang kira-kira akan marah kalau foto itu diunggah? Apakah kira-kira ada foto guru kamu yang kalu diunggahbisa membuat sang guru tidak suka?

Apakah ada foto pacar kamu yang kalau foto itu terpublikasi akan membiuat pacar, orang tua, saudara, atau kakek nenek kamu sakit hati? Apakah ada konteks di foto itu jika kamu unggah akan bisa dijadikan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk disalahgunakan? Apakah kira-kira sekolah kamu merasa keberatan jika foto itu dipublikasi?

9. Jangan mengunggah lagu, klip video, foto yang bukan karya kamu dan memiliki hak cipta. Tahu kan banyak teman-teman kamu yang mengunggah klip video bajakan dari lagu terkenal.

WARNING! saat ini dan kedepannya, para label musik akan banyak mencurahkan waktu untuk melihat-lihat blog dan situs-situs web yang melanggar hak cipta . Jika kamu punya situs web yang isinya lagu-lagu MP3 atau klip video dari lagu-lagu terkenal tetapi bajakan, sudahi saja bisnis kamuitu. kamu bisa jadi target gugatan dari llabel musik. Sekarang mungkin aman-aman saja, tetapi ke depan pasti akan kena "patroli" siber.

10. Jika kamu sering menulis di internet, hati-hati menulis isu ABCD Korupsi. Jika tak ada buktidan belum masuk ke persidangan, lebih baik tak usah ikut-ikutan "bermain api". Gunakan penyamppaian bahasa yang lebih sopan dan bisa dipertanggungjawabkan.
Misalnya: "Menurut Kompas.com, Si pejabat Dinas ABCD itu diperiksa KPK karena ada dugaan korupsi". Nah kamu aman deh.

Jadi jangan mentang-mentang sekarang eranya jurnalistik warga, kamu bisa seenaknya menulis tuduhan dengan mengatasnamakan jurnalisme. Oke?

(Sumber: Kompas MUda Nomor 11 Tahun ketiga, 19 Maret 2010) Selengkapnya...

BULLYING DI SEKITAR KITA

Banyak orang berpikir bullying dapat disamakan dengan senioritas. Sebenarnya pemikiran seperti itu kurang benar. Bullying dapat didefinisikan sebagai tindakan penekanan terhadap seseorang, baik fisik maupun mental, dan bukan menjadi bagian dari senioritas.

Mungkin diantara kita ada yang tidak menyadari, sebenarnya kita pun sewaktu-waktu pernah menjadi pelaku atau korban bullying. Tidak selalu pelaku bullying itu seorang senior atau orang yang lebih tua. Hal ini lebih sering terjadi dilingkungan pertemanan kita, yang mayoritas sebaya.

Perilaku bullying dapat dikelompokkan dalam empat kategori. Pertama, kontak fisik langsung, seperti memukul, menendang, memeras, atau mengunci seseorang di dalam ruangan. Kedua, kontak verbal langsung, seperti mengancam, mempermalukan, merendahkan, atau mengejek.
Ketiga, perilaku nonverbal langsung,seperti melihat dengan sinis, menampilkan ekspresi muka yang merendahkan, atau menjulurkan lidah. Keempat, perilaku nonverbal tidak langsung seperti mendiamkan seseorang, sengaja mengucilkan, atau mengirimkan surat kaleng.

Perilaku "bullying"
Pada umumnya perilaku bullying kontak verbal langsung lebih sering dilakukan. Tak hanya kepada adik kelas, seperti persepsi kebanyakan orang, tetapi terhadap teman kita sendiri pun hal itu sering terjadi.
Terkadang kita tak sadar bahwa perilaku mengejek, merendahkan,dan menjadikan seseorang sebagai bahan tertawaan itu menjadi masalah bagi si korban. Biasanya si korban hanya diam atau pasrah.

Namun, itu yang membahayakan karena akibat dari bullying dapat bermacam-macam, seperti hilangnya rasa percaya diri, tidak memiliki semangat untuk bersekolah, bahkan dapat menyebabkan perasaan ingin bunuh diri. Bullying mengganggu psikis korban. Akibat ini yang lebih membahayakan karena makin sulit disembuhkan.

Kalau kita tinjau lebih jauh lagi, sebenarnya yang menjadi masalah adalah penyakit sosial yang diderita pelaku. Apabila pelaku tidak memiliki sindrom untuk mengusik orang lain, pastinya bullyingnya tidak akan terjadi.

Tidak ada alasan yang membenarkan perilaku tersebut karena tujuan dari perilaku tersebut karena tujuan dari perilaku bullying dapat dikatakan sebagai tindakan yang mencelakai, melukai, dan menyakiti orang lain, baik fisik maupun mental.

Jika ada yang beralasan bullying dilakukan semata-mata hanya untuk menegur, tentu ada pihak-pihak yang lebih berhak untuk menegur. Contoh perilaku bullying senior terhadap yunior yang dikenal sebagai senioritas.

Hal itu sungguh sangat tidak mencerminkan perilaku senior yang baik. Senior yang baik seharusnya memberikan contoh bukan memarahi, menyakiti atau sekedar "menegur". Banyak yang bilang, alasan senior menegur itu karena tingkah laku yuniornya yang salah atau kurang sopan.

Lalu, apabila memang senior tersebut ingin menegur, lalu bagaimana dengan tanggungjawab guru atau pihak sekolah yang memang berkewajiban untuk menegur? Kita tidak pernah tau alasan seperti itu dari mana berasal. Jelas sekali, itu cuma sindrom tiran-tiran kecil yang ingin "berkuasa"

Peduli sekitar

Setiap sekolah tentu banyak guru yang dapat menggantikan siswa senior untuk menegur seseorang yang bersalah sehingga tidak perlu ditegur oleh sesama murid, bukan?

Lebih tidak masuk akal lagi apabila seseorang beralasan melakukan bullying dalam lingkungan sekolah atau senioritas karena sikap yunior yang kurang sopan.

Apabila seorang senior melakukan bullying terhadap yunior, hal itu akan berakibat hilangnya rasa hormat yunior terhadap seniornya. Justru yunior dapat lebih hormat kepada senior yang selalu baik atau nyaman diajak berteman.

Pada akhirnya semua alasan yang selalu dilontarkan pelaku bullying tidak ada yang masuk akal karena selalu berakhir dengan saling menyakiti.

Pada dasarnya, semua manusia diciptakan sama. Oleh karena itulah kita harus lebih menjaga perilaku, ucapan, bahkan ekspresi saat bertemu dengan orang lain. Dapat diambil kesimpulan , bullying itu bukanlah senioritas, tetapi senioritas itulah salah satu bentuk tindakan bullying.

Bullying tidak selalu berbentuk kekerasan fisik, tetapi dengan mengucilkan seseorang saja dapat dikatakan tindakan bullying. Oleh karena itu, mulailah kita lebih peduli terhadap sekitar. Mungkin saja selama ini kita telah melakukan bullying terhadap orang lain, bahkan teman kita sendiri.

TIPS MENGHINDARI BULLYING

1. Bagi pelaku, setidaknya kita selalu sadar bahwa semua orang memiliki hak yang sama. Sewaktu-waktu kita bisa saja mendapat balasan dari orang lain yang mungkin lebih kejam

2. Bagi korban, kita harus percaya bahwa si pelaku bukanlah segala-galanya. Masih banyak orang yang peduli dan sayang terhadap kita.

3. Selalu bersikap ramah terhadap siapapun, walaupun tidak saling kenal. Tetapi, setidaknya kita telah memberikan kesan yang baik terhadap orang lain.

4. Selalu menghargai sesama. Kita tidak selalu berada ddi pihak yang benar dan kita pun tidak selalu berada di pihak yang salah

5. Selalu berani untuk melawan perilaku bullying apabila sedang kita alami karena bagaimanapun, menyelesaikan permasalahan tidak harus diselesaikan dengan perilaku bullying

(sumber : Kompas Muda, 19 Maret 2010) Selengkapnya...

KASUR

SEHAT DENGAN KASUR YANG TEPAT

Bicara soal tidur, kita tidak akan lepas dari kebutuhan memiliki kasur yang tepat. selama apapun tidur jika tidak menggunakan kasur yang sesuai, maka mutu tidurpun akan berkurang.

Menurut M Anton Sim dari PT Dunlopillo Indonesia, ada beberapa masalah umum yang kerap ditemukan pada kasur, antara lain:
1. Terlalu keras. Jika kasur terlalu keras maka anda akan sering mengubah posisi tidur untuk mencari posisi yang lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena kasur tersebut tidak memiliki daya topang yang baik untuk lekukan tubuh anda. Kasur yang terlalu keras juga dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah pada bagian tubuh yang tertekan. Kemungkinan bangun pada saat tidur karena kesemutan, dan ngilupun cukup tinggi

2. Terlalu lunak.Jika kasur terlalu lunak, daya topang kasur terhadap tubuh sangat lemah. Kemungkinan bangun pagi dalam keadaan kurang istirahat pun sangat tinggi karena otot tubuh bekerja sepanjang malam untuk berusaha mengimbangi posisi tubuh yang tidak wajar saat tidur. Jika dibiarkan berkepanjangan, gangguan terhadap tulang punggung menjadi lebih besar.

3. Terlalu panas. Jika kasur terbuat dari bahan yang cenderung panas, maka anda juga semakin banyak melakukan gerakan untuk mencari wilayah yang memiliki temperatur yang nyaman.

4. Terlalu dingin. Mendengar kata dingin, secara umum akan dianggap lebih nyaman. Padahal kenyataannya tubuh kita membutuhkan suhu nyaman pada saat tidur, bukan suhu yang terlalu dingin. Suhu yang dingin akan mengganggu proses pemulihan sel yang terjadi pada saat tidur. Proses ini membutuhkan suhu yang sesuai agar dapat bekerja optimum.

5. Terlalu kecil. Jika ukuran kasur tidak sesuai dengan ukuran tubuh, maka sering bagian tubuh kita terutama kaki tidak mendapatkan penopangan yang sempurna, sehingga membuat tidak nyaman.

Itu sebabnya, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat Anda membeli kasur, antara lain daya topang kasur. Kasur yang baik untuk anda adalah kasur yang dapat menopang beban tubuh dan lekukan tubuh. Perlu dipoertimbangkan ukuran dan lekukan tubuh setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hindari kasur yang terlalu lunak dan terlalu keras.

Selain itu, perhatikan bahan baku kasur, kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kasur, daya tahan pemakaian kasur, pengaruh temperatur lingkungan terhadap kasur, dan nilai ekonomisnya. Awas jangan salah pilih kasur

(Sumber: Kompas, 19 Maret 2010) Selengkapnya...

PERNAK PERNIK ELEKTRONIK

MEMILIH MP3 "PLAYER"

Musik kerap dipandang sebagai hiburan yang mampu memberi ketenangan, menjaga emosi, atau mewakili perasaan. Wajar kalau kemudin orang mengharapkan dapat mendengankan alunan nada di manapun dan kapanpun.

Menandai perkembangan teknologi digital dan tren masa kini, harapan tersebut dengan mudah dapat dicapai dengan hadirnya perangkat hiburan portabel seperti MP3 player. Dengan demikian ukurannya yang kecil, bahkan tidak lebih dari telapak tangan, serta kemampuannya menyimpan lagu dalam format digital dalam jumlah besar membuat perangkat ini diminati oleh banyak orang. Harga dan spesifikasinyapun bervariasi sehingga memberi pilihan yang lebih beragam.

oleh karenanya, ditengah banyaknya pilihan tersebut, kecermatan tentu menjadi hal yang mutlak agar perangkat yang dipilih benar-benar mampu memberikan performa yang diharapkan.

Beberapa hal yang patut dicermati sebelum menjatuhkan pilihan pada perangkat MP3 player adalah kapasitas. Hal yang satu ini sangat bergantung pada kebutuhan dan kemampuan kocek karena semakin besar kapasitasnya maka semakin tinggi pila harganya.

Sebuah data lagu dalam format MP3 memiliki ukuran rata-rata 4 sampai 5 megabyte, dari sini tentu dapat dibayangkan seberapa besar kapasitas yang dibutuhkan.

Hal berikutnya adalah daya tahan baterai. Tentu akan sia-sia MP3 player yang dibeli memiliki daya tahan yang rendah.

Patut dicatat pula bahwa selain menggunakan baterai kovensional yang umumnya dijumpai ditoko-toko, beberapa MP3 player ada juga yang menggunakan baterai lithium yang bisa di cahrge seperti layaknya ponsel dan ada pula yang mengambil tenaga dari komputer (tinggal mencolokkan MP3player ke port USB komputer dan otomatis MP3 player akan mengisi tenaga).

Akan halnya mencermati fitur. Akan lebih baik untuk memilih MP3 player yang dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti radio.

Hal yang terakhir, tentu anda ingin tampilan MP3 player benart-benar trendy atau bahkan sesuai dengan kepribadian anda. Oleh karena itu cermati dengan seksama desain dan model MP3 player kemudian cobalah untuk mengoperasikannya.

(Sumber : Kompas, 19 Maret 2010) Selengkapnya...

Minggu, 21 Maret 2010

KESUKSESAN

KESUKSESAN


Bila anda berpikir anda dikalahkan, anda dikalahkan
Bila anda berpikir bahwa anda tidak berani,anda tidak berani
Bila anda ingin menang, tetapi berpikir anda tidak mampu,
hampir pasti anda tidak akan menang
Bila anda berpikir bahwa anda akan kehilangan, anda akan tersesat

Karena diluar sana kita dapatkan
Kesuksesan bermula darikemauan seseorang
semuanya berlandaskan pemikiran

Bila anda berpikir bahwa anda ketinggalan zaman,
Anda memang ketinggalan zaman,
Anda harus meningkatkan pemikiran anda untuk bangkit,
Anda harus yakin akan diri sendiri
Sebelum memenangkan sebuah undian Selengkapnya...

SEMANGAT

SEMANGAT
Anda dapat melakukan apapun bila anda memiliki semangat
Semangat adalah ragi yang membuat harapan anda
membumbung tinngi mencapai bintang

Semangat adalah kilauan mata
Ayunan langkah anda, pegangan tangan anda,
Aliran semangat dan energi yang mewujudkan ide-ide anda

Mereka yang memiliki semangat adalah jagoan
Mereka memiliki kebenaran
Mereka memiliki kualitas

Semangat adalah dasar segala sesuatu
Dengan semangat, ada pencapaian
Tanpa semangat, hanya ada alasan

----------------- Henry Ford -------------- Selengkapnya...

Jumat, 05 Maret 2010

KEGIATAN HUT AMBALAN AHN KE 7 TBS KE 13 TAHUN 2009







UPACARA PEMBUKAAN Selengkapnya...

Selasa, 02 Maret 2010

VISI DAN MISI KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA METRO

VISI DAN MISI KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA METRO

VISI 2010:
Membangun generasi muda yang Taqwa, Sehat, Cakap, Peduli, dan beretika (TAHATCALIKA)

MISI:
1. Mewujudkan anggota gerakan pramuka di kota Metro sebagai pemuda yang patuh dalam menjalankan ajaran agama
2. Mendidik anggota gerakan pramuka menjadi generasi muda yang andal, kreatif serta peduli pada diri sendiri dan lingkungan
3. Membekali anggota gerakan pramuka dengan berbagai ketrampilan yang menunjang kecakapan hidup (life skill)
4. Menjunjung tinggi dan menegakkan kode kehormatan pramuka (janji dan ketentuan moral)
5. Ikut serta mewujudkan visi dan misi Kota Metro









KEPRAMUKAAN
Kepramukaan adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan keluarga dan sekolah dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang yang dilakukan dialam terbuka dengan sasaran akhir PEMBENTUKAN WATAK


Selengkapnya...

VISI DAN MISI KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA

VISI DAN MISI KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA

VISI :
Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda.

MISI :
1. Mempramukakan kaum muda
Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan perilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.

2. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak pramuka, berlandaskan Iman dan Taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)
Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan eranya

3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara
Gerakan Pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. untuk itu, disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.

4. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan
Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatan dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya.


STRATEGI :
1. Meningkatkan citra Pramuka
Hal ini diperlukan untuk dapat lebih dipahami dan sekaligus diminati oleh kaum muda untuk dapat ikut berpartisipasi di dalamnya dan sekaligus dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi secara internal dan eksternal Gerakan Pramuka

2. Mengembangkan kegiatan kepramukaan yang sesuai karakteristik dan minat kaum muda
Hal ini diperlukan karena Gerakan Pramuka pada hakekatnya adalah kegiatan yang memiliki karakteristik dengan minat yang khas, dan sekaligus sebagai motivasi bagi anggota Pramuka dalam mengisi diri untuk selanjutnya dikembangkan sebagai bagian dari penjabaran program Pramuka secara menyeluruh

3. Mengembangkan program Pramuka Peduli
Bahwa program kegiatan Pramuka Peduli dimaksudkan untuk menciptakan kader yang memiliki watak sosial dan pengabdian masyarakat yang tinngi dalam rangka kepedulian terhadap berbagai masalah kemasyarakatan.

4. Memantapkan organisasi kepemimpinan dan sumber daya Pramuka
Bahwa untuk meningkatkan peran dan fungsi organisasi secara struktural diperlukan adanya konsolidasi yang baik dan teratur dan mendapatkan penyegaran organisasi sehingga dengan sendirinya akan berpengaruh pada kepemimpinan dan kesiapan sumber daya Pramuka Selengkapnya...