SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Selasa, 19 Maret 2013

MEMBACA

Membaca merupakan pekerjaan sehari-hari. Saat kita sedang di perjalanan atau saat di kendaraan, secara tidak sadar kita akan membaca plang-plang atau papan iklan di jaan-jalan, membaca tulisan di warteg pinggir jalan, ataupun tulisan di kendaraan lain. Di sekolah kita juga minimal membaca tulisan di papan tulis, atau pengumuman di mading (majalah dinding)sekolah. Saat di kelas, guru kita juga sering menyuruh kita membaca buku-buku. Saat ujian tiba, biasanya kamu juga akan membaca lebih banyak buku pelajaran kan?

Bagaimana caramu pertama kali mengenal huruf, kata dan kalimat? Dengan membaca bukan? Dunia belajar memang identik dengan kegiatan membaca. Kita mengetahui berbagai informasi, selain dari mendengar, juga dari membaca. 
 
Membaca buku pelajaran memang sudah kewajiban seorang pelajaran. Tapi ada baiknya, kamu tidak hanya membaca buku pelajaran saja. Kebiasaan membaca sebaiknya tidak dibatasi pada bacaan pelajaran maupun bacaan hiburan saja. Bacalah buku-buku lain yang tidak terlalu menarik minatmu.

Bagi orang-orang tertentu, membaca merupakan masalah. Ada orang-orang tertentu yang kesulitan membaca, jika yang dibacanya adalah buku pelajaran. Bahkan ada orang yang tidak suka membaca apapun bentuknya, buku, majalah, ataupun koran. Bgi orang-orang tersebu, membaca adalah kegiatan yang membosakan, membuat mata lelah, membuang-buang waktu, dan menguras tenaga dan pikiran. Apalagi jika membaca buku buku yang serius dan tidak menghibur, misalnya buku pelajaran.

Manfaat membaca:
1. Menghilangkan kecemasan dan kegundahan
2. Supaya tidak bodoh
3. Supaya tidak bertemen dengan orang bodoh dan pemalas
4. Mengembangkan kemahiran bertutur kata
5. Mengembangkan pemikiran dan cara berpikir
6. Menambah pengetahuan, melatih daya ingat, dan pemahaman.
7. Mengambil manfaat dari pengalaman orang lain
8. Mengembangkan kemampuan mengolah informasi dan ilmu pengetahuan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
9. Membantu menyegarkan pikiran dan mengisi waktu luang agar tak sia-sia.
10.  Menguasai banyak kosa kata, kalimat, dan isi bacaan

Supaya kamu gila membaca
1. Biasakan aktif membaca apapun
2. Merangsang daya tarik membaca dengan membeli dan membaca dengan membeli dan membaca yang disukai
3. Mulai membaca dengan senang hati, santai, dan enggak tegang
4. Membaca sedikit demi sedikit tapi terus berlanjut
5. Jangan memaksaka diri utuk membaca jika sedang malas membaca atau bete
6. Membaca buku-buku yang diluar minatmu
7. Mencatat dan menuliskan atau menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca
 8. Mengendapkan pikiran, lalu mengembangkan pemikiran.
9. Learning by doing

A. Teknik Membaca
Membaca adalah salah satu cara belajar hal baru. Namun metode membaca yang salah akan menyebabkan kita tidak maksimal dalam menyerap informasi bacaan. Cara berikut ini dapat membantumu mmbaca secara efektif. Cara ini disebut KWLH, yang terdiri dari:
a. K (Know). Apa yang telah diketahui (sebelum membaca)
b. W (want). Apa yang hendak diketahui (sebelum membaca)
c. L (Learned). Apa yang telah diketahui (slepas mmbaca)
d. H (How). Cara mendapat informasi tambahan.

Menurut teknik tersebut, dalam membaca kritis, pembaca harus aktif mengajukan pertanyaan seputar buku yang akan dibaca dan mencoba menjawab kembali setelah selesai membacanya. Cara berikut juga bisa kamu terapkan.
a. Teliti dan bertanyalah seputar buku tersebut
b. Membaca untuk menjawab pertanyaan
c. Menulis jawaban dan meringkasnya
d. Review atau mengulang

B. Teknik membacaberdasarkan kecepatan
1. Reguler
    adalah teknik membaca yang relatif lambat, yakni membaca baris demi baris. Ini biasanya dilakukan untuk membaca buku atau bahan bacaan yang penting untuk diketahui secara utuh. Membaca dengan cara ini memang membutuhkan waktu lama karena informasi waktu lama karena informasi yang akan kita ambil mmang penting sehingga kita harus teliti dan hati-hati.

2. Membaca cepat (skimming)
    Membaca cepat kita lakukan ketika kita sedang mencari sesuatu yang khusus dalam sebuah teks, misalnya saat mencari informasi di buku telepon atau kamus. Membaca dengan cara ini dilakukan jika kita sudah mengetahui informasi yang kita butuhkan, atau untuk memahami satu inti pembahasan dari sebuah bacaan panjang

3. Kecepatan tinggi (warp speed)
     adalah teknik membaca dengan kecepatan tinggi tapi disertai dengan pemahaman yang tinggi pula. Cara ini sangat menghemat waktu, karen kita membaca dengan cara yang benar-benar efekif. Kemampuan membaca kecepatan tinggi ini harus sering dilatih.

Tingkat kecepatan tertentu diterapkan sesuai dengan jenis bacaannya. Untuk bacaan tentang informasi sehari-hari bacalah dengn cara biasa, supaya kita mampu menyeap informasi dengan santai dan lengkap. Sedangkan cara skimming dilakukan untuk membaca bacaan yang membahas persoalan secarasingkat. Untuk mempersingkat waktu memilih sebuah bacaan, kamu bisa melihat daftar isi dan profil penulisnya. Dengan  cara ini kamu akan mendapat informasi yang kamu butuhkan dan melewati atau mengabaikan informasi yang tidak kamu butuhkan.

C, Mengingat isi bacaan
     Kalau kamu pelupa dan kadang merasa kesulitan mengambil intisari bacaan pelajaran, berikut ini adalah tips dan trik untuk mengingatnya.
1. Tulis informasi penting secara lengkap pada sebuah buku khusus yang dipisahkan berdasarkan subyek. seperti halnya buku catatan pelajaran yang dipisahkan berdasarkan mata pelajaran
2. Kamu juga bisa menggunakan kertas terpisah yang dimasukkan dalam map plastik berbda warna yang disesuaikan dengan subyeknya. Ini memudahkan saat membuuhkan informasi yang sifatnya spesifik. Cara ini mirip seperti perpustakaan kecil
3. Cara lain adalah dengan kartu. kamu bisa membuatnya dengan karton atau kardus ipis berukuran 10 X 15 cm . Masukkan kartu yang lah dilubangi ke dalam kardus, lalu ikat dengan kawat. Kelompokkan sesuai subyek  
4. Ketik di komputer dengan menggunakan program Microsoft Word. Ini adalah cara yang paling disarankan dan mudah, dan datanya juga bisa dikirim lewt email kepada siapa saja.

Beberapa petunjuk dan tips membaca
1. Tulis nama pengarang, judul, penerbit, dan tahun terbit buku atau bacaan lainnya. Ini akan membantumu mencari sumber bacaan jika kamu ingin membacanya lagi lain waktu.
2. Bacalah dengan cepat. Cara ini memudahkan kita mengetahui idi buku
3. Lihat halaman daftar isi. Identifikasi setiap bab yang menurut kita penting, dan fokuskan untuk membacanya. Sebelum membaca isi, bacalah setiap sub judul. Ini dilakukan supaya kita tidak menghabiskan waktu untuk membaca yang tidak relevan.
4. Lihat bagian indeks. Indeks berisi daftar istilah penting. Indeks digunakan untuk menemukan lokasi topk tertentu yang dibahas dalam teks. Membaca indeks bisa dilakukan tanpa membutuhkan konsentrasi tinggi seperti halnya membaca buku secara keseluruhan
5. Inti dari sebuah teks biasanya terletak di awal atau di akhir tulisan. Sama halnya, awal an akhir kalimat dalam satu paragraf seringkali digunakan untuk meringkas isi dan satu paragraf trsebut. Tandailan point penting atau atau inti paragraf dengan menggunakan pensil atau stabilo.

Sumber : Tunjukkan Dirimu oleh Nilam Permata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar