SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Senin, 22 Februari 2010

RIWAYAT BAPAK PRAMUKA

LORD BADEN POWELL OF GIWELL 1857 - 1941
PENDIRI GERAKAN PANDU

Bapak Pandu Sedunia

Jika kamu hendak mengenal kepanduan atau kepramukaan lebih dalam lagi, kamu harus tahu tentang orang yang mendirikan Gerakan Pandu, salah seorang yang sungguh-sungguh dapat disebut "boy-man" (orang dewasa bersemangat muda), yang pernah ada di dunia.Lord Baden-Powell of Gilwell, Bapak Pandu Sedua, sangat disayang oleh semua pandu sebagai "BP"

Robert Stephenson Smyth Baden Powell di lahirkan di London, Inggris, pada tabggal 22 Pebruari 1857, yaitu hari dimana orang-orang Amerika merayakan hari ulang tahun George Washington yang ke 125. Ayahnya ialah Domine H.G. Baden Powell, Profesor di Oxford. Ibunya adalah Putri Admiral Inggris W.T. Smyth. Kakek buyutnya adalah Joseph Brewer Smyth. lahir di Amerika, tetapi bergabung dengan angkatan bersenjata Inggris ketika Revolusi Amerika dan akhirnya tinggal di Inggris. Jadi Baden Powell dari satu pihak adalah keturunan alim dan dari pihak yang lain keturunan orang koloni di Dunia baru yang penuh pengalaman

Masa Muda BP

Ayahnya meninggal ketika Robert berusia kurang lebih tiga tahun, meninggalkan ibunya dengan tujuh orang anak di bawah umur empat belas tahun. Seringkali keluarga yang besar itu mengalami kesulitan-kesulitan, tetapi berkat cinta kasih sang ibu terhadap anak-anaknya, dan cinta kasih anak-anak terhadap ibunya, segala kesulitan dapat diatasi. Dengan keempat saudaranya laki-laki, Robert mengalami hidup dialam terbuka yang sangat menyenangkan, dengan cara mengembara dan berkemah ke berbagai tempat di Inggris.

Pada tahun 1870 BP masuk Charterhouse School di London, dengan bea siswa. Ia bukan seorang pelajar yang luar biasa, tetapi ia adalah seorang yang giat. ia selalu menjadi pusat perhatian, yang memegang peranan jika ada sesuatu di halaman sekolah, dan segera menjadi terkenalkarena kecakapannya sebagai kiper kesebelasan Charterhouse.

Kecakapannya bermain sandiwara sangat digemari oleh teman-teman sekolahnya. Sewaktu-waktu ia diminta mengadakan suatu pertunjukan yang akan menggemparkan seluruh sekolah.

Ia juga gemar akan musik dan bakatnya melukis kemudian memungkinkannya menghiasi karangan-katrangannya sendiri.

Pada usia 19 tahun BP tamat belajar pada Charterhouse dan segera sesudah ada kesempatan, ia pergi ke India sebagai pembantu letnan, dan masuk resimen yang membentuk sayap kanan dari barisan berkuda dalam "Charge of the light Brgade" yang terkenal dalam perang Krim

Kecuali menjalankan tugas kewajibannya yang gilang gemilang dalam ketentaraan, ia menjadi kapten pada usia duapuluh enam tahun. Ia memperoleh piala olahraga yang sangat dihargai di seluruh India untuk kegiatan "pigsticking", yaitu memburu babi hutan dengan berkuda dan sebuah tombak pendek sebagai satu-satunya senjata. Kamu akan menyadari, betapa besar bahaya perburuan ini, kalau tahu bahwa babi hutan sering dikatakan sebagai "satu-satunya binatang yang berani minum air bersama-sama dengan seekor harimau dari satu telaga".

Berperang di Afrika

Pada tahun 1887 BP bertugas di Afrika, ikut serta dalam serangan terhadap orang-orang zulu dan kemudian melawan suku bangsa Ashanti yang buas dan prajurit-prajurit Matabele yang kejam. Penduduk disitu sagat takut kepadanya, sehingga ia diberi sebutan "impeesa, serigala yang tak pernah tidur", karena keberaniannya, kepandaiannya mengintai dan menyelidik, serta kecakapannya menemukan jejak-jejak yang menggemparkan itu.

Kenaikan pangkat Baden-Powel hampir diperoleh secara otomatis, begitu teratur terjadinya, sampai tiba-tiba ia menjadi termashur. Pada tahun 1899 BP naik pangkat menjadi kolonel.

Di Afrika Selatan kesukaran makin hari makin bertambah. Hubungan antara pemerintah Inggris dan pemerintah Republik Transval telah memuncak pada titik perpecahan. Baden-Powell diperintahkan supaya membentuk dua batalyon pemburu berkuda dan terus berangkat ke Mafeking, sebuah kota ditengah-tengah Afrika Selatan. "siapa yang menduduki Mafeking, dialah yang berkuasa di Afrika Selatan" Ujar orang-orang penduduk asli yang terbukti benar juga.

Pengepungan Mafeking

Pearang pecah dan selama 217 hari, mulai tanggal 13 Oktober 1899. BP menduduki mafeking dalam pengepungan oleh musuh yang jumlahnya jauh lebih banyak, sampai akhirnya pasukan-pasukan yang datang memberi pertolongan dapat menerobos jalan pada tanggal 18 mei 1900.

Selama ini negeri inggris menanti hasilnya dengan rasa khawatir. Akhirnya, ketika datang berita : "Mafeking telah tertolong ", maka negeri itu sangatlah gembira. Carilah " Mafeking" dalam kamus bahasa inggrismu, maka kamu akan mendapatkan disampingnya sebuah kata yang tercipta dihari menggemparkan itu, dari nama kota di Afrika : "Maffick"---yang berarti "riot-like celebration" atau " huru-hara yang menggemparkan".

BP yang sekarang telah naik pangkat menjadi Mayor jenderal adalah seorang pahlawan bangsanya.

Kepanduan Dilahirkan

Pada usia 44, tahun 1901, ia kembali dari afrika Selatan ke Inggris sebagai seorang pahlawan. Penuh dengan kehormatan dan ternyata inilah yang menjadi keheranannya, bahwa terkenalnya sebagai perseorangan menyebabkan buku karangannya untuk orang-orang tentara yaitu "aids to scouting" atau "Pedoman untuk memandu" terkenal pula. Buku itu dipakai sebagai bacaan disekolah-sekolah khusus untuk anak laki-laki.

Disini BP menyadari suatu panggilan. Ia sadar bahwa disinilah ia mempunyai kesempatan untuk menolong kaum muda negaranya supaya tumbuh menjadi orang yang kuat.jika sebuah buku tentang praktek-praktek memandu bagi orang dewasa laki-laki saja dapat membuat anak-anak laki-laki tertarik serta mengilhami mereka, apalagi sebuah buku yang semata-mata ditulis bagi kaum muda itu sendiri.

ia mulai bekerja dengan mempraktekkan pengalaman-pengalamannya di India dan di Afrika, diantara orang-orang zulu da suku bangsa suku bangsa buas lainnya.Ia mengumpulkan suatu perpustakaan yang khusus dan membaca buku-buku mengenai latihan-latihan untuk anak laki-laki dari abad ke abad---dari anak-anak sparta, orang-orang Inggris zaman dahulu, orang-orang indian, sampai zaman kita sekarang ini.

Sedikit demi sedikit, serta dengan seksama BP mengembangkan ide-ide tentang kepramukaan. ia hendak meyakinkan, bahwa ide-idenya itu akan ada hasilnya juga.

Oleh karena itu pada musim panas tahun 1907, ia mengajak duapuluh orang anak laki-laki ke pulau Brownsea di pelabuhan Poole, Inggris untuk mengadakan perkemahan pramuka pertama yang pernah dilihat oleh dunia. Perkemahan itu terselenggara dengan hasil yang sangat baik.

"Scouting for Boys"

Dan kemudin, pada permulaan tahun 1908, ia menerbitkan buku pedoman untuk latihan kepramukaan, "Scouting for Boys", terdiri atas 6 bab, serta diberi ilustrasi lukisan-lukisannya sendiri dengan tidak membayangkan bahwa buku ini akan menimbulkan suatu gerakan yang mempengaruhi kaum muda diseluruh dunia.

Baru saja buku "Scouting for boys" muncul ditoko-toko buku dan kios-kios penjualan surat kabar, mulailah regu-regu dan pasukan-pasukan pramuka bertumbuhan----tidak saja di Inggris, tetapi juga diberbagai negara.

Kehidupan BP yang kedua

Gerakan ini makin hari makin berkembang dan pada tahun 1910 menjadi sedemikian luasnya, sehingga BP menyadari bahwa kepramukaan akan menjadi pekerjaannya selama hidup. Ia mempunyai pandangan dan keyakinan untuk menyadari bahwa ia akan lebih berjasa lagi bagi tanah airnya apabila ia melatih para kaum muda supaya menjadi warga negara utama, daripada melatih beberapa orang dewasa laki-laki guna kemungkinan berperang dimasa datang.

Oleh karena itu ia meletakkan jabatannya dalam ketentaraan dimana ia telah menjadi letnan Jenderal dan memulai "kehidupannya yang kedua", seperti ia menyebutkannya --- kehidupan pengabdiannya kepada dunia melalui kepramukaan.

Persaudaraan Sedunia

Pada tahun 1912 ia mengadakan perjalanan keliling dunia untuk menemui para pramuka di berbagai negara. Ini adalah permulaan Kepramukaan sebagai Persaudaraan Sedunia. Perang Dunia pertama meletus dan menghentikan pekerjaan ini untuk sementara, tetapi dengan berakhirnya permusuhan, pekerjaan ini dilanjutkan lagi, dan pada tahun 1920 para pramuka dari seluruh dunia berkumpul di London untuk mengikuti pertemuan pramuka internasional yang pertama --- Jambore Dunia Pertama.

Pada malam terakhir dari Jambore itu, yaitu pada tanggal 6 Agustus, BP diangkat menjadi "Chief Scout of the World", "Bapak Pramuka Sedunia" disambut dengan tepuk tangan yang riuh oleh anak-anak yang berkumpul.

Gerakan kepramukaan terus berkembang. Pada waktu gerakan ini mencapai usia duapuluh satu tahun, jadi ketika sudah menjadi "dewasa", jumlah anggotanya meningkat menjadi lebih dari dua juta orang, yang tersebar hampir di seluruh negara-negara beradab di muka bumi ini. Pada saat itu BP dianugerahi oleh rajanya, Raja George V, julukan Baron dengan nama Lord Baden Powell of Gilwell......Meskipun demikian, bagi setiap pramuka ia selalu tetap: "BP", Bapak Pramuka sedunia.

Jambore dunia yang pertama diikuti oleh Jambore-jambore yang lain----pada tahun 1924 di Denmark, pada tahun 1929 di Inggris, pada tahun 1933 di Hongaria, pada tahun 1937 di Netherlands. Pada setiap jambore itu Baden Powell adalah tokoh utama, disambut dengan gegap gempita oleh "anak laki-lakinya" kemanapun ia pergi.

Tetapi jambore itu hanya merupakan sebagian dari usaha ke arah Persaudaraan Kepramukaan Sedunia.BP sering kali bepergian untuk kepentingan kepramukaan. Ia selalu berkirim surat kepada para Pemimpin Pramuka di berbagai Negara dan terus menulis tentang kepramukaan, serta menghiasi karangan-karangan dan buku-bukunya dengan lukisannya sendiri.

Masa Tuanya BP

Akhirnya setelah usia delapan puluh tahun, kekuatannya mulai berkurang. Ia kembali ke Afrika yang dicintainya, dengan isterinya, Lady Baden-Powell, menjadi pembantunya yang bersemangat dalam segala usahanya dan dia sendiri adalah Ketua Gerakan Kepramukaan Putri Sedunia, suatu gerakan yang juga dimulai oleh Baden-Powell.

Mereka bertempat tinggal di Kenya, di suatu tempat yang tentram serta dengan pemandangan yang indah melalui hutan-hutan yang sangat luas, menuju puncak gunung Kenya yang tertutup salju.

Disanalah BP meninggal dunia pada tanggal 8 Januari 1941, sebulan lebih sedikit sebelum ulang tahunnya yang ke delapan puluh empat tahun.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar