SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Rabu, 26 Oktober 2011

WALI KOTA METRO

SAMBUTAN WALIKOTA METRO

PADA ACARA PELANTIKAN KEPENGURUSAN
KAMABIRAN DAN KAKWARRAN KECAMATAN SE KOTA METRO
KAMIS, 13 OKTOBER 2011

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera 

Yth. Kakak Ka Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Lampung
        Kakak-kakak Anggota Mabicab Gerakan Pramuka Kota Metro
        Kakak Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro
        Kakak-kakak Andalan Cabang, Ka Mabiran,
        Undangan dan Hadirin yang berbahagia

       Mengawali kegiatan ini, marilah sejenak kita mempersembahkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, dan karunianya kepada kita sekalian, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini kita dapat menghadiri dan menyaksikan acara Pelantikan Kepengurusan Kamabiran dan Kakwarran Gerakan Pramuka Kota Metro Tahun 2011 sekaligus ekspose tentang Rencana Taman Wisata Bumi Perkemahan di Bumi Perkemahan Sumbersari Bantul Kota Metro ini dalam keadaan sehat walafiat.
       Sebagai walikota maupun selaku kamabicab Gerakan Pramuka saya menyambut gembira atas terlaksananya pelantikan ini, karena selain kepengurusan yang dilantik merupakan hasil Musyawarah Ranting yang demokratis, juga sebagai titik awal pelaksanaan tugas dari kepengurusan Kwarran Gerakan Pramuka Kota Metro periode 2011 - 2015

Undangan dan hadirin yang berbahagia
        
        Sebagaimana kita ketahui bahwa didirikannya Gerakan Pramuka, bertujuan untuk membina kaum muda agar menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmaninya, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.
        Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka gerakan pramuka telah melaksanakan berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, ketrampilan, serta karya bhakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.
        Berkat upaya yang tidak mengenal lelah dari para pendiri Gerakan Pramuka, yang berjuang keras mendharmabaktikan, memupuk dan membesarkan tunas yang telah ditanam, sehingga Gerakan Pramuka pernah mengalami masa masa kejayaannya. Sehingga tidak heran jika sebagian besar siswa SD hingga SLTA pada waktu itu menjadi anggota pramuka aktif.
        Akan tetapi saat  ini mulai terjadi pergeseran, generasi muda kita mulai meninggalkan pramuka dan lebih tertarik terhadap kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti penyalahgunaan obat, peristiwa kekerasan dan perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan permasalahan dan lain sebagainya.

Undangan dan Hadirin yang berbahagia.

       Dari beberapa uraian diatas nyatalah bahwa tantangan kepengurusan pramuka mendatang sangat berat dan beragam, yang salah satunya bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang digemari dan digandrungi siswa sehingga mereka secara sukarela menjadi anggota pramuka aktif disekolahnya.
       Mengembalikan kejayaan pramuka tentulah bukan pekerjaan yang ringan. akan tetapi memerlukan pemikiran yang serius dan kajian-kajian khusus, sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk bergabung dan menjadi anggota Pramuka Aktif.
       Tantangan yang cukup berat ini seharusnya tidak menjadikan kita berkecil hati akan tetapi justru memacu dan menumbuhkan semangat kita untuk berupaya dan berusaha semaksimal mungkin guna memajukan gerakan pramuka khususnya di kota Metro yang kita cintai ini.
       Saya yakin dan percaya dengan kepengurusan sekarang ini Kwartir Gerakan Pramuka Kecamatan se Kota Metro akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, keyakinan ini didasarkan pada kemauan dan kemampuan dari kepengurusan yang baru saja dilantik.
       Mari kita bersama-sama memahami betapa pentingnya Gerakan Pramuka, betapa mulianya tugas`saudara semua, tugas yang tidak ringan, penuh dengan tantangan, dimana nilai-nilai kehidupan masyarakat kita telah berubah dan terus berkembang, maka tentu tidak sama memimpin, membina, melatih Pramuka sekarang ini dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu.

Undangan dan hadirin yang berbahagia.

       Secara umum saya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya rencana Pengembangan Bumi Perkemahan Sumbersari Bantul sebagaimana yang disampaikan oleh Kwartir Cabang Garakan Pramuka Metro
        Namun saya berharap kepada kita semua untuk mencermati rencana tersebut dengan sebaik-baiknya, dan jika ada hal-hal yang perlu disempurnakan agar sesegera mungkin disampaikan kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Metro untuk dijadikan bahan masukan dan evaluasi.
        Saya berharap rencana pengembangan Bumi Perkemahan ini dapat disusun dan dikaji dengan secermat mungkin sehingga benar-benar memenuhi harapan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi gerakan pramuka maupun bagi masyarakat kota metro Bumi Sai Wawai yang kita cintai ini.
        Sebelum kita mengakhiri sambutan ini, secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus Kwarran yang lama atas bhaktinya serta mengucapkan selamat kepada pengurus kwarran yang baru dilantik dengan diiringi doa semoga sukses dan dapat menjalankan amanah yang diberikan serta dapat memajukan gerakan pramuka di kota metro.
       Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT - TuhAn Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan Taufik serta hidayahnya kepada kita sekalian. Amiin Ya Robbal Alamiin

           Terimakasih atas`segala perhatiannya
            Wabillahi taufik wal hidayah
            Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

             Walikota Metro



             LUKMAN HAKIM  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar