SEJARAH PRAMUKA

PRAMUKA PENEGAK

Selasa, 06 September 2011

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA

A. VISI GERAKAN PRAMUKA

      Visi gerakan pramuka  adalah sebagai wadah pilihan utama dan solusi andal masalah-masalah kaum muda

B. MISI GERAKAN PRAMUKA
     Adapun misi gerakan pramuka sebagai berikut.
     1. Mempramukakan kaum muda. Dalam hal ini mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda harus masuk sebagai anggota Pramuka. Akan tetapi, lebih pada tataran jiwa dan perilaku kaum muda yang sesuai dengan Pramuka sebagai bagian dari masyarakat Indonesia

      2. Membina anggota berjiwa dan berwatak Pramuka yang berlandaskan iman dan takwa serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada iman dan takwa, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya.
     3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara. Gerakan Pramuka memiliki salah satu tugas yaitu menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Oleh karena itu, perlu disadari bahwa pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.
     4. Menggunakan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar  peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatannya, sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar